[X]

Kamis, 02 Juli 2009

My First Online experience, tentang sedikit kisah perjuanganku


My First Online experience,masih teringat jelas suka duka online dan online experience pertama kali didunia yang penuh akan segala informasi ini .

Kisah ini akan saya awali dengan sebuah cerita pengalaman pertama mengenal yang namanya internet.Saya mengenal internet sejak sekitar tahun 2003 itupun bukan dengan sebuah komputer ataupun sebuah notebook karena keluarga saya belum mempunyai dan belum terlalu membutuhkan alat-alat elekotronik seperti itu,melainkan hanya dengan sebuah handphone jadul yang support atau berfitur GPRS.

Ya...dengan handphone disamping, saya merasakan kali pertama saya menginjak dunia maya.Handphone bermerk nokia dengan tipe 3510 ini milik ayah saya yang dibeli dari om saya seharga 400 ribu rupiah.Pada usia yang lumayan masih kecil karena pada waktu itu saya masih berusia anak kelas 6 SD,saya memiliki banyak ingin tahu tentang dunia ini.Mulai dari diam-diam meminjam handphone yang diletakkan di meja kerja sampai harus sembunyi-sembunyi mengakses dunia maya ini.Biayanya pun terhitung terlalu mahal,pada saat itu ayah saya menggunakan simcard keluaran dari telkomsel yang memang pada saat itu memonopoli sebagian wilayah disekitar saya yang masih bisa disebut jauh dari unsur tehknologi pada saat itu,telkomsel hadir dengan jaringannya yang tersebar dibeberapa tempat.Dengan tarif 25 rupiah per kb mungkin kondisi ini dapat ditekan dengan kondisi handphone yang masih layar monochorome sehingga transfer data dapat berkurang.Selain itu,hanya situs-situs suport wap yang dapat saya buka seperti m.detik.com,cbn,telkomsel,dsb.Namun hal itu tidak menyurutkan untuk berhenti menggunakannya.Selang beberapa bulan mungkin bisa disebut musibah,handphone tersebut raib digondol pencuri entah kemana saat ditinggal wudlu di sebuah masjid.Mungkin ini belum rejeki saya untuk lebih lama berselancar ria.

Bulan berganti bulan berlalu tanpa online,memang ditempat saya belum ada warnet,untuk pergi ke warnet saja saya harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari tempat tinggal saya.Sampai pada suatu saat bulik saya pulang dari perantauan memberi saya oleh-oleh sebuah handphone yang menurut saya sudah lebih dari kata cukup.Handphone tersebut mememani saya sampai sekarang,dan petualangan barupun saya mulai dengan hp tersebut.


Handphone ini adalah k510i mungkin menurut anda hp ini jauh dari kata layak,tapi saya mengahargai pendapat anda,memang handpone ini sangat jauh apabla dibandingkan handphone atau mungkin smartphone nokia E51 yang menjadi hadiah dalam kontes ini,but handphone ini telah menjadi penghubung saya dengan jaringan internet dan sangat berperan dalam komunikasi saya sampai saat ini.Oke...kita mulai kisah dengan handphone ini,pada awah mulanya saya masih terlalu awam menggunakan handphone sebagus itu,tapi lama-kelamaan saya mulai terbiasa menggunakannya.Sebagai anak SMP yang hanya dijatah beberapa ribu perminggu saya sangat sulit mengimbangi uang didompet dengan hobi saya menggunakan pulsa untuk beronline ria,setiap hari sabtu saya membeli sebuah perdana yang sudah mendekati tanggal hangus oleh sebab itu sang penjuah harus mau tak mau membanting harganya.Hal itu saya lakukan berminggu-minggu hingga koleksi perdana saya menumpuk,tapi itu tak meyurutkan lagi kenginginan berhenti dan jauh dari dunia ini.Seiring waktu berjalan saya sudah mulai bisa menggunakan handphone tersebut untuk beronline ria,tak hanya itu saya juga sudah bisa mendownload beberapa game-game untuk handphone itu.

Tak lama setelah itu saya sudah dapat mengenal chating walaupun masi dengan client java dihandphone.Lewat chating saya sering tanya dari room ke room yang berhubungan dengan dunia online tentang cara membuat sebuat blog.



Detik chat : ganang_007 has entered

ganang_007 : Askum

ganang_007 : Ada yang tau caranya buat blog ga???

Mungkin sedikit gambarannya seperti itu.

Lama setelah dinanti datang sahabat baru yang mungkin akan menemani saya dan handphone baruku datang.Sebuah komputer dengan prosessor Intel Celeron,RAM 256,Hardisk 40gb mungkin akan menjadi sahabat baruku,dan benar saja sampai sekarang keduanya selalu menemaniku.Petualangan dengan kedua sahabatku didunia online dimulai.

Masih dengan perdana sekarat saya mencoba menghubungkan kedua sahabat saya itu lewat kabel data.Berminggu-minggu saya masih bingung bagaimana saya menggunakan kabel itu data untuk menghungkan ke internet.Tapi saya dengan tekat yang sangat kuat mengusir rasa putus asa itu.Dan akhirnya

"Owh...jadi pake PC Suite ini to!!!Walah-walah....tiwas bingung."pikirku dengan agak jengkel.

Mulai bingun apa yang akan dilakukan,saya keliling perpustakaan sekolah untuk mencari buku yang berhubungan tentang dunia online namun tak kunjung ketemu sampai akhirnya saya membaca sebuah buku tentang MIRC.

"Opo iki???"pikirku.

Setelah saya baca dan sedikit saya pahami,saya mulai mempraktekan semua petunjuk yang ada dibuku.Dengan pulsa yang kurang mencukupi dari hasil membeli perdana sekarat jatah minggu kemarin saya beranikan menekan connect di menubar MIRC.Tidak lama kemudian muncul banyak tulisan dilayar komputer saya,dengan hati riang gembira saya mencoba membuka beberapa chanel.Tapi tak lama kemudian ada yang aneh dengan MIRCnya,"Unable To Connect" ternyata pulsanya habis,tapi tidak apa lah yang terpenting saya sudah bisa mengatakan

"Owh...iki to MIRC"bangga mode on.

Ternyata setelah beberapa minggu dengan MIRC ,kebosananpun datang dan akhirya saya mencari alternatif lain.Dengan berbekal tanya-tanya diroom chat lewat hanphone,saya mula tertarik dengan dunia website.Pada saat itu saya mulai senang dengan HTLM,script-scriptnya yang indah tidak terlalu membosankan.Dan mulailah saya bangun mini website saya dengan DREAMWEAVER walaupun pada awal-awalnya sebelum saya mengenal DREAMWEAVER saya harus mengetik script-script itu dilayar cembung komputerku.Setelah beberapa minggu saya menlaunching situs saya dan dilihat dari counter yang saya pasang pengunjungnya mulai banyak walaupun hanya iklan ke teman-teman sekelas.Dan inilah situs pertama ganang yang pada waktu itu masih smp yang hanya dibuat dengan handphon yang tak semewah E51 dan bukan dengan netbook melainkan hanya sebuah PC jadul(jangan dibanggakan).Sampai sekarang saya ingin sekali mengupdate situs itu,namun keteledoran saya mengharuskan menghentikan keinginan saya,karena saya lupa password dari situs itu.

Seiring berjalannya waktu sayapun merasa,tentang besarnya biaya yang saya keluarkan untuk membeli kartu perdana sekarat itu.Uang jajan saya cukup terkuras akibat itu,oleh sebab itu saya mencari solusinya.Karena basic saya pada chating saya kembali bertanya keteman lama yang lebih tahu tentang dunia online ini.Dan saya diberi tahu tentang clue bug di sebuah operator selular,dan akhirnya saya bisa bebas menikmati koneksi internet."I’m not Phreaker,but i wanna be a Phreaker"mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan.

Keinginan pertama saya didunia online dan yang saya tanyakan pertama kali lewat chating tentang bagaimana membuat blog terus memotivasi saya untuk berusaha.Mulai dari wordpress,blogspot,friendster terus saya coba dan terus memperbaiki semua kekurangan.Dari domain co.cc yang mendorong saya dan memberikan saya ilmu tentang mensetup sebuah doman ke sebuah layanan hosting dan akhirnya saya memberanikan diri membeli domain web.id ini.

Seiring berjalan waktu,saya sudah menginjak ke bangku SMA,dan dari kewajiban itu saya harus rela meninggalkan desa tercinta untuk pindah kekota.Tidak hanya itu,karena listrik di kost saya tidak mencukupi untuk menggunakan komputer,saya terpaksa meninggalkan salah satu sahabat dirumah.Sebagai penggantinya saya harus manpir kesebuah warnet untuk online ria.Tak seperti dirumah yang setiap saat dapat menikmatinya.Dengan biaya warnet yang lumayan pas dikantong pelajar,setiap seminggu sekali saya main kewarnet,karena belum ada netbook untuk menemaniku hospotan.Tak hanya itu disekolah pun juga disediakan layanan yang sama tapi sayangnya dengan alasan yang sama saya belum bisa menikmatinya.

Dirumahpun sekarang sudah berbeda,banyak berdiri warnet,dan beberapa operator seluler yang memberikan tarif yang cukup ringan untuk pelanggannya.Dan sarana untuk beroline ria sekarang sudah menjadi barang umum,lain hanya dengan beberapa tahun yang lalu seperti yang mungkin saya alami.Sering saya merenungkan berapa cepatnya pertumbuhan tekhnologi dinegara ini.

Sedikit pesan untuk teman-teman dan saya pribadi yang mungkin ada beberapa kendala untuk beronline ria "Jangan cepat menyerah dan teruslah berusaha".

Terimakasih kepada detik dengan kontesnya,dan saya mengucapkan "Selamat Ulang Tahun ke-11 Detikcom"

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sains news flash

Newsflash tekno

Health news

Copyleft by Ganang Ardiy Tama | This blog is proudly powered by Blogger.com | Domain by Pandi |